Mini Story : Nyong

Oleh : Anan Prima
Episode 1 Me VS Emak
            Semua berawal dari sebuah drama Korea yang aku kasih judul Boys Before Forever, ah masa sih aku yang ngasih judul, lebih tepatnya sih abang sutradara. Aku seneng banget rasanya pengen lari dari ujung sahara sampe sabana stepa di Nusa Tenggara. Wajib juga buat aku syukuran tujuh hari tujuh malem karena itu drama Korea udah bisa buat aku sama emak aku damai. Udah bukan rahasia lagi kalau aku sama emak aku selalu berada di sisi jembatan yang beda, ya bahasa anak gaulnya adalah selalu perang dingin memperebutkan remote televisi. Ya maklumin aja, jaman itu mah televisi masih jadi barang mewah buat bisa mantengin artis cakep dari negeri Korea. Karena ini drama aku bisa nonton sambil ketawa ngakak bareng-bareng sama emak aku. Kedamaian yang demi penguasa bumi dan surga kagak pernah aku dapet setelah salah satu judul sinetron tanah air menjajah tv satu-satunya di rumah aku, itu judul sinetron Kemilau Cinta Sharmila. Jujur gegara itu sinetron kedamaian di wilayah rumah jadi sebuah konflik batin yang mendalam dan berkepanjangan. Semua sumber konflik bermula ketika emak aku mulai jadi pecinta berat Kemilau Cinta Sharmila dan gamau yang namanya sampe kelewatan satu episode aja. Kamu bisa bayangin ga sih saat di rumah kamu cuma ada satu tv dan setiap malem aku kudu liat emak aku nangis-nangis kaya habis ada badai di rumah tangga. Namanya emak-emak mungkin emang demen kali yang namanya nonton sinetron trus nangis-nangis gitu, aku udah peringatin emak ga usah nangis kaya abg labil abis putus sama pacar, udah aku rayu buat pindah tu ke chanel tv yang lain tapi apa yang aku dapet selain omelan kagak ada.  Bukaanya mau sok perhatian gitu sama emak biar dikira kagak bisa liat emak nangis, kagak. Satu-satunya alasan karena tu sinetron udah bikin aku kagak bisa liat acara lain yang genrenya anak muda kekinian.
            Detik demi detik kuhitung kinikah saat kupergi, eits salah fokus maksudnya detik demi detik berganti menit berganti jam berganti hari dan demikianlah jajah menjajah terjadi dalam kehidupan aku. Pertama penjajahan udah dilakuin sama tu sinetron ke emak aku, trus akhirnya siklus kepompong menjalar ke aku dan aku adalah target akhir dari penjajahan emak aku, kagak ada acara televisi yang berhasil aku tonton selama tu jam tayang Sharmila. Jujur demi penguasa bumi dan surga rasanya aku pengen nyari keadilan walau sampe ke langit, tapi gimana surga dibawah telapak kaki emak aku artinya aku kagak bisa ngelawan takut aku dikutuk jadi batu kaya malin kundang. Hari demi hari aku bersabar sambil tawakal dan berserah diri pada Yang Kuasa, aku jalanin puasa mutih[1] sesuai saran dari kakek moyang aku biar hajat aku kelaksana. Udah aku hitung hari demi hari ganti tahun dan akhirnya penantian panjang aku direstui sama Tuhan, keluar drama Korea yang sukses buat aku sama emak aku damai aman tentram sentosa dan sejahtera duduk nonton bersama dengan bahagia. Judul dari drama savior aku yaitu BBF, seneng banget aku kagak bisa dilukisin betapa anugrah Yang Kuasa bener-bener nyata. BBF bener-bener bisa nyatuin aku sama emak aku buat nonton dan ketawa ngakak bareng, cerita yang ringan namun dikemas secara komedi ngebuat kita ngerasa kalau cerita itu menjadi mudah ditemuin di dunia nyata.
            Tapi apa kemudian yang terjadi, demi Tuhan aku jadi kecanduan sama drama Korea. Mulai tu drama kemudian aku mulai berpaling dan menghinati hati nurani aku yang udah bertahun-tahun jadi seorang fans sejati drama silat China Klasik gitu. Tapi emang dasar aku kagak kuat kalau liat orang ganteng dan cantik, demi apa aku pengen bertahan buat kagak ngefans sama tu artis Korea. Ngefans sama artis Korea kesannya kagak elit kaya orang yang diem diem nahan suka sama music dangdut, ngakunya orang-orang sih music dangdut kurang berkelas dan kampungan tapi sekali denger musik dangdut badan goyang dumang sendiri boy. Walau gitu aku bukan pemuja kecantikan dan kegantengan fisik semata, tapi juga talenta mereka yang sungguh luarbiasa dengan polesan kerja keras yang udah ga usah diraguin lagi. Aku pengen sok tahu dikit sih, gapapa sok tahu yang penting sok tahu nya pake dasar jadi juga tetep mikir kagak asal sok tahu. Presiden Korea Selatan siapa ya lupa?(*Ataukah Lee Myung Bak atau bukan?)terkejut karena pendapatan film Jurrasic Park ternyata lebih gedhe daripada mobil Hyundai produksi Korea, dan semenjak tragedi keterkejutan bapak presiden yang bener-bener terkejut, akhirnya Korea Selatan mulai berbenah dan bener-bener serius buat ngembangin dunia hiburan buat pendapatan utama negara mereka. Aku sih pernah baca buat jadi artist harus kaya sistem sekolah gitu, ada waktu buat belajar dan ada waktu buat lulus atau debut dilepas sebagai artis di masyarakat. Bener-bener deh aku kudu pake kata bener-bener berapa kali ini buat ngegambarin betapa serius mereka mencari uang dari dunia hiburan.
            Sampe sekarang kalau ada drama Korea yang bagus, bisa deh taruhan ntar emak aku yang duluan nanya sebelum aku sempat nanya, “Nyong ada drama terbaru apa?.





[1] Puasa tidak makan selain nasi putih ataupun ubi-ubian putih

Komentar

Postingan Populer