Perjalanan Panjang Menuju Status CPNS Kemenkumham 2017

Hallo sahabat terbaik andromeders yang setia baca-baca tulisan keseharianku disini hehehe. Meskipun kadang cuma tulisan-tulisan ga penting dalam hidup, tapi ya aku tetep berharap ada hikmah yang bisa diambil sama pembaca setia. Kali ini aku mau mulai bahas soal kehidupan aku selama setahunan ini jadi CPNS alias proses bisa dibilang magang selama setahun sebelum SK PNS diterima. Jadi kemarin itu pas dinyatakan lulus seleksi, kami terima SK C-PNS atau Calon-Pegawai Negeri Sipil, nah besok setelah setahun dinyatakan memenuhi syarat akan turun lagi SK PNS tanpa ada embel-embel huruf C nya alias udah sah jadi PNS. Bedanya apa sih CPNS ama PNS? CPNS itu ibarat masih 80 persennya belum fix banget jadi PNS karena masih dalam masa penilaian selama setahun, trus gaji yang dibayar juga masih 80 persen. Nanti  kalau selama setahun dinyatakan layak trus kita bakal dapat SK lagi dan gaji yang dibayar bakalan full seratus persen seperti yang diatur dalam undang-undang buat penggajian PNS golongan tertentu.

Jadi aku mau crita dulu gimana dari awalnya hehehehe, sambil curhat-curhat dikit gapapa kali yak karena cerita saling berkaitan. Semua berawal dari sejak kelas 2 SMA yang mana aku pengin banget masuk ke birokrasi dan salah satunya maybe ada ngimpi buat kerja di Kementrian. Tapi waktu itu aku belum kepikiran sih secara khusus mau ke Kementrian apa, yang penting Kementrian sih wkwkwk. Trus aku sempet pas kelas 3 pengin masuk IPDN karena simple yaitu kayaknya enak sih jadi Ibu Camat gitu. Tapi semua berubah sejak aku minus 1 dan otomatis aku gabisa memenuhi syarat ikutan seleksi di IPDN. Yaudah sih kehidupan harus terus berjalan dan aku akhirnya milih jurusan pemerintahan yang deket sama rumah, mana lagi kalau bukan pemerintahan UGM. Ya memang cita-cita masuk sekolah dinas trus lulus jadi CPNS kandas lewat satu jalan, tetapi ternyata berhasil dari jalan lain. Ya kadang kita cuma perlu nunjukin keseriusan biar ketika Allah tidak mengijinkan kita lewat jalan A, Allah kasih ganti dengan ngijinin kita lewat di jalan B yang notabene tujuan akhirnya sama.
Singkat cerita aku kuliah di pemerintahan UGM dengan masa studi 4,9 tahun hampir 5 tahun dengan IPK 3,45 TIDAK CUMLAUDE, oke?. Yaps waktu masuk awal-awal kuliah dulu aku targetin IPK 3,75 tapi akhirnya cuma kecapai 3,45 its oke mungkin itu yang terbaik buat aku. Nyesek sih, andai aja aku enggak nyantai, andai aja aku belajar pas ada ujian (yang jujur sih aku malas belajar dan lebih milih tidur pas mau ujian alasanya klasik “aku butuh fisik dan mental yang sehat buat ujian” alasan doang sih). Ya tapi semua udah ada jalan rejeki masing-masing sih. Sampai pada akhirnya setelah tahun ke 4 Bapakku mulai bertanya-tanya kapan kira-kira skripsiku kelar?padahal ngerjain aja belom wkwkwkw. Itu terjadi 2016 sih pas waktu harusnya angkatanku pada lulus 4 tahun, dan aku belum ada tanda-tanda mulai ngerjain skripsi selain cuma ngulang 1 matkul doang gara-gara dapat nilai E ga ikut MID Semester. Aku udah sering ikut temen-temen buat datang ke Job Fair meskipun belum lulus dan aku ga nemu nyawa sama sekali buat ngedaftar di swasta. Gatau, pokoknya aku ga ada bayangan sama sekali kalau lulus mau daftar dimana. Yang ada dalam fikiran aku, duh sedih sih kalau moratorium PNS masih berlaku tahun depan(2017).
Di akhir 2016 aku masih bener-bener mikir berat, aku mau ngapain setelah lulus. Sebenarnya aku udah mikir dari pas 2015 awal, aku lulus mau ngapain kalau misal moratorium benar-benar baru akan berakhir setelah 5 tahun dari 2014 yakni 2019. Aku jurusan pemerintahan, dan satu-satunya kompetensi yang aku punya ya soal pemerintahan dan maybe swasta ga butuh banyak anak lulusan jurusan pemerintahan. Hampir 2 tahun (awal 2015-2016-2017 awal) aku gundah gulana mikirin setelah lulus mau ngapain dan kemana kalau hal terburuknya ga ada bukaan CPNS. Aku udah ngrancang beberapa plan Rencana Hidup Jangka Panjang dan Rencana Hidup Jangka Menengah *ceileh. Mulai dari plan mendaftar beasiswa master jenis A-Z, kemudian plan mau volunteeran di A-Z, trus daftar magang di instansi pemerintahan A-Z, pokoknya aku bener-bener rencanain banget hidupku walaupun situasinya aku sendiri gatau mana yang akan bisa aku dapet dari semua rencana itu. Yang pasti rencana jangka cepat atau menengah yang aku harus lakuin adalah magang/kerja sebelum lulus. Jadi setelah lulus aku bakalan punya nilai plus pengalaman kerja ga cuma teori doang.
Aku punya prinsip bahwa andaikan aku perusahaan yang misal selalu nyari mahasiswa dari  top 3 University di Indonesia, aku juga bakalan tetep milih2. Saingan dari sesama jurusan aja seabreg, Lulusan dari top 3 university yang pinter (sebut aja yang terpinter dengan cumlaude) itu seabreg, belum lagi top 10 pun juga yang cumlaude banyak, yang pintar ga kehitung jumlahnya. Apalagi ditambah yang ga cumlaude dari seluruh universitas di Indonesia yang sama sama bersaing juga, beh seabreg sih orang pinter. Jadi aku harus punya sesuatu yang bisa jadi nilai lebih, ga masalah ga bisa jadi pinter banget, asalkan dah memenuhi syarat kelulusan pemberkasan lamaran pekerjaan itu udah cukup. Sisanya adalah skill yang dimiliki, itu yang bakal kita tunjukkin pas wawancara kerja nanti. Ketika pada akhirnya aku gabisa cumlaude, aku harus dapat magang/kerja sebelum lulus, biar nanti walaupun fresh graduate aku ga bakal dibuang gitu aja karena aku udah selangkah lebih maju dengan membawa pengalaman kerja.
Akhir 2016 doaku terkabul, ada pengumuman tenaga kontrak PEMDA DIY yang durasinya cuma setahun alias sepanjang 2017 aja. Oke fix maybe ini jawaban Allah buat kegundahan hatiku ceileh sok galau. Tanpa fafifu aku daftar dan proses seleksinya di akhir 2016 karena 1 Januari 2017 dah mulai kerja. Nah disini aku pertama kali kenal apa itu SKD, Seleksi Kompetensi Dasar buat seleksi CPNS dan NON PNS di Lingkungan Pemda. Ini pengalaman ngebantu banget pas aku seleksi SKD di Kemenkumham akhir 2017. Sebenarnya kalau para pejuang NIPers suka nanya apasih SKD dengan alasan baru pertama mau ikut, ataupun belum pernah ada pengalaman, buatku gabisa diterima sih. Karena jaman sekarang internet tinggal ketik aja semua info ada kok. Aku juga pas tes SKD pertama kali di Pemda DIY juga pertama banget dan aku cuma nanya mbah google. Kuubek-ubek google, kudatangi semua tulisan-tulisan sampai blog orang yang banyak nulis soal SKD. Baru mungkin jika udah ngubek-ubek baca banyak banget sumber tapi ga menemukan info yang dicari ya mungkin baru nyari orang yang tepat buat ditanyain, tapi seenggaknya usaha dulu. Jangan nanya hal-hal yang sebetulnya jawabannya bisa ditemuin andai aja kita “membaca”. Tapi ya gapapa bisa dimaklumi karena emang membaca belum jadi budaya.
Aku inget banget hasil SKD Lowongan Tenaga Kontrak di PEMDA DIY 2017 akhirnya keluar dan aku urutan ke 4 kalau ga salah dari yang score SKD tertinggi 385an dan aku dapet score 377. Ini yang ngebuat aku gabisa bertele-tele saat SKD di Kemenkumham kemarin, karena banyak sumber yang aku baca kalau SKD tingkat Kementrian biasanya tingkat kesulitan lebih tinggi daripada PEMDA, makanya aku sumpah ga maen-maen dan tidur maksimal sehari cuma 4 jam biar aku bisa belajar SKD, kadang bahkan cuma 3 jam doang. Mungkin karena udah bertekad kuat banget ya jadi penyakit darah rendah yang bakal sering pusing kalau kurang tidur sedikit berkurang. Gatau ya apakah tekad yang membara itu bakal berefek pada tubuh, padahal kalau aja kurang tidur biasanya aku langsung pusing, ya kadang tetep pusing juga sih. Tapi tekad aku udah bulat buat ngejar target score 400 biar bisa mengamankan posisi lulus ke SKB.  Ntar deh aku bikin part soal SKD di tulisan tersendiri yang informatif ga banyak curhatnya hehehehe.
Singkat cerita lagi, gatau kenapa awal 2017 aku ngebut ngerjain skripsi selama 4 bulan dari Januari-April ngebut but but sambil kerja dan akhirnya sidang di 22 Mei 2017. Gapapa sih nanti lulus liat-liat dulu, kalau ada prospek beasiswa atau kerjaan ya bisa sih aku daftar setelah lulus dan cabut dari Dinsos, tapi kalau belum ya maybe habisin kontrak sampai 2017 Desember. Nah tiba-tiba bagai mendapat durian runtuh sekaligus takut, bulan Juli 2017 Kemenkumham ternyata menjadi Kementrian pertama yang membuka Seleksi CPNS terbuka buat publik setelah moratorium 2014. Dengan berbagai dilemma campur aduk seneng galau takut kalau gagal mengingat ya citra penerimaan PNS di negeri ini kan masih belum bener-bener bersih, wajar sih aku yang ga punya orang dalam plus ga punya duit was-was juga takut kecewa kalau sampai aku kalah karena ga punya duit atau ga ada koneksi. Tapi sejarah baru Indonesia benar-benar tercipta mulai 2017, penerimaan bersih tanpa orang dalam dan tanpa uang(terutama di formasiku, gatau kalau yang lain, aku cuma memastikan buat formasiku karena ada buktinya yaitu aku hehehehe).
Cerita diakhiri dengan akhirnya aku ikutin semua proses seleksi dengan sabar, penuh harap, doa, kerja keras, dan mati-matian belajar buat dapetin skor SKD sesuai target yakni 400. Tapi ya tetep ga kecapai sama kek target IPK 3,75 tapi akhirnya kecapai 3,45, tapi seenggaknya Alhamdulillah score SKD Kemenkumham yang aku perjuangin mati-matian dapat 381 dan passing semua komponen mulai dari TWK, TKP, dan TIU, ya karena syarat buat jalur umum memang semua kudu passing hehehehe. Lebih enak andai aku bisa cumlaude kayaknya cuma harus passing di TIU sama diranking nilai total doang, yasudahlah yang penting udah lulus. Buat teman-teman berbahagialah yang cumlaude dapat apresiasi dari pemerintah, yang tidak kalau mau lulus SKD harus bekerja lebih keras buat lulus seperti saya. Singkat cerita dari formasiku yang lulus PG Cuma 3x formasi, dan Alhamdulillah aku di urutan 29 dari 700 an yang bisa ke SKB (nanti sih kucritain SKB ku gimana, gimana hampir pasrahnya aku saat seleksi terakhirnya adalah tiang ukur tinggi badan). Jadi mau setinggi apapun total skor, kalau ga bisa melampaui 158cm tinggi buat cewek, GUGUR. Alhamdulilah lagi sih aku pas banget 158, Allah ga ngebiarin tukang ukur tinggi badan mengurangi tinggiku seperti cerita gorengan yang berhembus dari rekan-rekan yang sudah melewati ukur tinggi badan.
Alhamdulillah sampai semua proses terlampaui, seleksi dijalani, dan dinyatakan lulus dengan urutan ke 35 dari 250 kuota jalur umum wanita. Ini masih secara garis besar aja, yang pahit-pahitnya kerja sambil begadang latihan soal. Pahit asem pedes dan rasa campur-campur dalam perjuangan mendapatkan 1 tiket CPNS Kemenkumham lainnya akan kuceritaan soon ya. Heheheh, semoga ada manfaat sih, buang aja yang jelek-jelek dari tulisan saya, karena Anan cuma manusia biasa yang ga luput dari dosa dan kesalahan. Nanti biar aku banyak-banyak istighfar aja sama Allah, yang terpenting adalah niat Anan pengin berbagi cerita aja siapa tahu ada manfaat atau inspirasi yang bisa diambil welehhhh.
                        

Komentar

Postingan Populer