Realita Kehidupan

Hidup tidak sekedar kamu dilahirkan dan kemudian kematian datang menjemputmu. Tapi kehidupan adalah perjuangan tidak akan berhenti pada satu persinggahan. Dimana kamu dilahirkan disitulah takdir akan kau ciptakan, apakah nanti kehidupanmu berharga dan namamu akan hidup selama manusia masih ada ataukah kehidupanmu bahkan anginpun tak berniat untuk menerpa. Kehidupan yang berarti seperti apakah itu, kesuksesan dan kehidupan yang berarti bukankah semua orang mengatakan bahwa itu berbeda beda. Mencari arti tidak akan pernah sampai pada tujuan dan jawaban yang pasti tapi memang hidup tidak diperuntukkan untuk mencari apa itu arti sukses tapi menemukan hal dimana kamu telah merasa bahwa kesuksesan telah berada di tanganmu. Seperti melampaui sebuah cerita sandiwara yang telah kita tulis sendiri dalam cerita kehidupan kita, terkadang kesalahan dan keluar dari alur cerita itu bisa saja terjadi tapi yang bisa manusia lakukan hanyalah berusaha semaksimal apa yang bisa dilakukan. Aku percaya dengan takdir Tuhan, bahwa orang hebat yang ada di dunia karena memang kelahiran mereka sudah direncanakan oleh Tuhan untuk merubah dunia. Walaupun begitu aku selalu percaya bahwa apapun takdir yang Tuhan tentukan untukku, semudah apapun itu akan menjadi tidak mudah untuk kuraih. Mungkin seperti hatiku yang telah mengalir sejauh ini, bahwa Tuhan akan memilihku untuk menjadi salah satu pelayan masyarakat. Mungkin begitu klise tapi entah aku hanya memikirkan tentang itu.
Dimasa depan akan banyak halangan dalan hidup, yang manusia harus lakukan bukanlah menghindarinya tapi bersyukur pada Tuhan. Dengan adanya ujian kehidupan akan berjalan, manusia yang bisa melewati ujian dia akan menjadi lebih baik satu tingkat dari sebelumnya begitulah Tuhan ingin bahwa ketika manusia berada di ujung nafas dia telah lulus semua ujian. Aku menerima bahwa setiap manusia tidak ada yang sempurna begitu juga dengan diriku, dengan menyadari bahwa aku tidak sempurna. Demi Tuhan aku menjadi lebih mudah untuk memahami orang lain meskipun aku banyak gagal memahami diriku sendiri. Aku belajar untuk berubah walaupun kekurangan tidak akan pernah bisa dihapuskan karena jika kekurangan hilang maka disitulah manusia mungkin akan menjadi Tuhan. Dengan adanya kekurangan maka kehidupan akan saling berhubungan satu sama lain. Entah bahwa mungkin Tuhan sedang menunjukkan jalannya padaku, aku tidak tahu public figure seperti apa yang akan kupilih nantinya tapi insya Allah aku telah yakin. Mungkin aku juga tidak begitu cemerlang, tapi yang aku tahu kehidupanku tidak pernah mengajarkan aku kata menyerah. Aku yakin dan tahu diriku melebihi siapapun bahwa seribu bahkan sejuta kalipun aku gagal, aku masih akan tetap mencoba dan mencoba lagi sampai berhasil. Karena sejatinya kehidupan adalah perjalanan menaklukan rintangan demi rintangan agar perjalanan kita sampai pada tujuan.

Seseorang pernah berkata bahwa realita tidak pernah seindah rencana, tapi bukankah selama ini kehidupan yang aku jalani hanyalah sebuah teori yang akhirnya aku mati-matian aplikasikan dalam kehidupan?. Aku selalu tahu bahwa kehidupan tidak seindah drama yang selalu ditonton dalam layar datar, tapi kehidupan adalah keindahan yang sesungguhnya. Dimana kita akan menemukan rasa puas dan kebanggan selain bisa mencapai apa yang orang lain katakan itu mustahil?. Kita hidup bukan untuk mengikuti apa yang orang lain inginkan, tapi menunjukkan apa yang harus kita tunjukkan. Jika kita salah maka percayalah bahwa masih ada Tuhan yang tidak pernah salah. Ketakutan adalah hal yang wajar dan  pernah dialami oleh semua orang, ketakutan bukanlah sebuah hambatan yang menghentikan kita. Tapi sesungguhnya mengendalikan diri sendiri adalah hal terpenting untuk tetap berdiri di tengah banyak goyangan badai. Pencarian dalam kehidupan tidak akan pernah usai, tidak pernah kita tahu sampai Tuhan memutuskan rumah terakhir suatu saat nanti ketika kita menjumpaiNya.

Komentar

Postingan Populer