Bapaknya (mungkin) lagi PMS


            Jadi gini, hari ini aku dapat pelajaran berharga lagi soal hidup *ceileh. Hidup itu keras cin dan ga semua orang itu ngelindungi kamu kaya malaikat, adakalanya mereka jadi jahat-sejahat jahatnya hidup. Aku jadi mikir kenapa akhir-akhir ini banyak orang ribut disana sini, hujat sana hujat sini, ngelukain sana ngelukain sini, bunuh sana bunuh sini dengan entengnya. Semua berawal dari rasa egoisme yang mungkin dipelihara dan enggak dikontrol. Ya Tuhan, mungkin bener kalau kiamat udah deket. Sebenarnya aku mau ngomong apasih tadi, kenapa malah jadi kiamat segala *tepok jidat yang lebar dan panjangnya nya kaya bandara.  Ya intinya ketika kemanusiaan telah mati, hal-hal yang sejujurnya mustahil memicu keributan pun jadi sukses membuat keributan.
Aku enggak bermaksud suka gosipin bapaknya, ataupun nyinyirin bapaknya, ataupun, ngomongin bapaknya di belakang, la wong aku juga enggak kenal sama bapaknya dan enggak ada untungnya juga ngejelekin. Maka dari itu aku juga nulisnya dengan inisial bapaknya karena emang udah bapak-bapak. Aku cuma mau nulis aja yang aku alamin hari ini, sebagai pengingat aja kalau hidup itu enggak pernah semudah membalik telapak tangan yang kapalan *eh?. Ya intinya nanti kalaupun aku lupa aku masih bisa menyimpan memori kehidupanku dalam bentuk tulisan berharga untuk pelajaran hidup.
Sekarang aku benar-benar yakin, kenapa orang-orang menjadi semakin beringas. Salah satunya karena rasa empati yang udah hilang dari hati nurani. Tadi pukul 20.30 aku selesai latihan seperti biasa dan pergi ke parkiran untuk mengambil motor. Sebenarnya aku memang berniat untuk mundur saja ke belakang, tetapi mendadak ada motor datang menghadang motorku di belakang. Okelah ga masalah kalaupun si pemilik motor di belakang enggak peka kalau aku mau keluar toh aku masih bisa cari alternative lain selain mundur. Akhirnya kuputuskan untuk berbelok saja ke kiri karena susah untuk mundur.  Nah disinilah suatu tragedi kemanusiaan telah terjadi dengan semana-mena *weseh. Sebenarnya bisa aja aku angkat motorku bagian belakang tapi berhubung badan udah lelah habis latihan jadinya aku enggak geser angkat kaya biasanya.
Aku enggak nyenggol bapaknya, ngomong juga kagak, ngeliatin mata bapaknya sambil melotot juga kagak. Aku emang dasar orangnya enggak suka buru-buruin orang lain jadi ya aku tungguin bapaknya yang markir motor lama *sama aja enggak peka kalau aku mau keluar padahal mesin dah hidup. Kemudian teman bapaknya yang di belakang bilangin suruh cepet karena ditunggu sama mbaknya (maksudnya aku). Ealah tau aku ngeluarin motor susah, dibantu kagak malah disindir-sindir”makanya mundur aja bla bla bla kan ga usah miring2” dengan nada ketus. Oalah bapaknya ngomong sama aku *mbatin sambil tanda tanya dalam hati.
Aku enggak perlu jelasin, dunia emang kadang penuh dengan situasi yang memungkinkan untuk saling salah paham. Bapaknya yang enggak tahu kalau aku tadi udah usaha buat mundur, dan aku yang ngrasa enggak perlu jelasin bahwa tadi aku udah usaha mundur tapi kehalang. Aku cuma mbatin, oalah bapake ki nyindir2 aku toh jebul dan aku pun tancap gas enggak peduli toh enggak ada gunanya juga jelasin, cuma aku anggap sebagai salah satu dinamika hidup yang harus di haha-in aja. Ketika Bapak di belakang mengingatkan bisa jadi si bapak yang nyindir2 tadi merasa kesal. Tapi yang aku heran, kenapa si bapak malah kesal? la wong aku enggak ngomong sepatah kata pun loh. Belum tahu situasi sebenarnya aja malah udah ketus nyindir2, aku loh enggak papa kalaupun enggak dibantu juga biasanya sendiri *ealah ini masih aja disindir2 jadi ngerasa seolah sukurin susah keluar salah sendiri enggak mundur. Jangan2 besok besok di kehidupan manusia, kalau ada kecelakaan di jalan bukannya dibantu malah di kata-katain kan berarti fix tanda kiamat makin dekat.
Ngapain sih nulis kaya gini, kaya bapaknya tahu aja (emang aku enggak tujukan buat bapaknya). Sama aja dong ananti sama bapaknya karena nggedumel sendiri di tulisan ini. Iya monggo boleh saja kok, siapapun berhak berfikir sesuai yang dia mau, toh enggak semua yang aku pikirkan diketahui sama orang lain. Aku menulis sebagai salah satu bagian perjalanan dari kehidupanku, aku enggak ada niat jelek-jelekin siapapun yakin deh, aku cuma doain aja semoga bapaknya sehat selalu dan dijauhkan dari darah tinggi yang bisa memicu stroke. Selain itu semoga aja bapaknya disadarkan dalam kehidupan, bahwa beliau enggak akan bisa mengubur diri sendiri kalau mati nanti. Semua manusia itu kudu sadar akan kodratnya sebagai makhluk sosial, sehingga enggak arogan kalau lagi sehat. Ketika sehat kudu ingat bahwa manusia juga bisa didatangi sakit dan kadang juga berada di bawah. Yakin deh, enggak ada yang statis di dalam kehidupan manusia. Roda kehidupan manusia pasti berputar, kadang di bawah dan kadang diatas juga. Jadi jangan lupa kalau sedang sehat, bahwa kita juga berpotensi untuk sakit.
Aku juga kalau mau marah ke orang seringnya suka enggak jadi marah, kalaupun kadang sebel sama temen/adik/siapapun itudan ngomel pasti ujung2 nya nyesel setengah mati. Aku malu soalnya, ngapain marah-marah sama orang, toh kita juga enggak pernah tahu seberapa besar orang lain menahan sabar untuk menghadapi tingkah kita. Aku selalu ingat kalau aku juga punya banyak kekurangan, begitu juga dengan kekurangan orang lain. Rasa-rasanya egois aja kalau mau nerima baiknya orang lain tapi enggak mau nerima mereka waktu nyebelin, namanya hidup pasti ya sepaket. Kadang kalau mau marah suka keinget-inget kebaikan yang udah pernah dilakuin orang lain ke kita jadi malu sendiri mau marah. Ya simple aja ngadepin hidup kalau ketemu sama orang macam bapaknya, tanamkan saja di otak kalau mungkin bapaknya lagi PMS. Ya hidup mah gitu, dan aku yakin ke depannya orang-orang yang aku bakal temui pasti lebih beringas. Makanya aku sudah menyiapkan mental fisik dan spiritual buat ngadepin hidup *oposih na.


Di Bawah Langit Cinta, 19 Desember 2016

Komentar

Postingan Populer