Indofood Leadership Cam 3 BISMA Batch 7 di Cibodas


Sebenarnya gatau kenapa males banget buat nulis, tapi aku tahu kalau aku ga lekas nulis pasti nantinya tambah muaales banget dan gajadi nulis. Iyaps kali ini aku maksain buat nulis soal enam hari penggemblengan *(kaya olah kanuragan aje nih bahasanya) di Pusdiklat Indofood Cibodas Jawa Barat di lembah Gunung Pangrango. Btw karena aku udah niat bakalan nulis semua hal yang ada dalam hidupku, niatnya kalau nanti aku lupa sama suatu peristiwa *halah, aku bisa baca dan ingat lagi oleh tulisan yang udah aku buat. Sebenernya bingung juga mau pake bahasa apa, mau formal atau bahasa gahul gahul gitu tapi emang, kekurangan orang melankolis goldar O adalah kebanyakan mikir kagak jadi realisasi. Maka setelah tapabrata di tujuh benua tujuh samudra aku putusin yang penting mah nulis nulis dan nulis jangan sampe kebanyakan mikir lagi, kan udah digembleng sama Indofood masak ga ada perubahan hahaha. Ok sekarang aku bakalan mulai cerita gimana aku bisa begitu bahagia ketemu sama temen-temen hebat dari beberapa PTN terbaik di negeri ini.

Pertama aku pengen crita bahwa moment ILC3 bener-bener daebak, ya semua karena kereta wkwkwk. Jujur ini adalah kereta pertama yang aku naiki di usia 21 tahun dan di tahun 2015 yang penuh sama kejaiban Tuhan. Awalnya sih malu sama temen karena ini pertama kalinya aku naik kereta, but lalu aku mikir ngapain malu pasti semua orang pernah ngalamin apa itu moment pertama dalam hidup (bisa cinta pertama, bisa juga malam pertama ehhh). Ladalah ternyata si Hasna mah sejenis sama aku, dia mah orangnya gitu asli Jogja sama kaya aku dan ini adalah kereta pertama juga buat si Hasna. Ayem dah walaupun si Wulan ketawain kita dengan pandangan semi-semi sampah gitu* gaya kece angkatan BISMA Batch 7 yang bici bici gitu wkwkwkwk. Ups tapi ntar deh aku cerita juga soal temen-temen yang kocak abis. Sepanjang jalan (si Hasna mah orangnya gitu) pinjem Laptop kirain ngapain eh ternyata nulis kata-kata mellow buat dikirim ke Bapak sama Ibuknya *Jedddar aku aja kagak pamit lagi lewat sms tapi udah pamit sih sebelumnya. At least aku belajar gimana caranya nglakuin hal-hal yang dianggap so sweet gitu deh walaunpun sebenernya emang kagak cocok sama aku yang acuh dan gengsian.
Capek juga sepanjang jalan kudu mikir mau Camp sama ngerjain tugas UTS, tapi at least (*pinjem gaya Ernest) aku ngrasain kereta bisnis dan eksekutif gratis hahahah. Soal kereta sih udah kelar kayaknya walaupun ujung-ujungnya dapet protes dari anak PTN lain karena mereka dapat jatah kereta ekonomi hahaha. Kagak nyangka juga kirain semua sama, tapi ya mungkin aku mikir kalau tiket ekonomi buat UGM mungkin habis jadi Yayasan sama Indofood kepaksa deh beliin kita yang eksekutif dan ga sama kaya temen-temen yang lain wkwkwk maaf ya bukan maksud kita loh jangan mayahhh mayah. Sekarang aku bakal crita gimana saat pertama kali sampe di Villa Pusdiklat Indofood, wahhh yang pasti sih buat makhluk yang kudet dan kagak pernah piknik macem aku ya so pasti keren banget bisa sekalian pencitraan gitu sok sok kaya lagi liburan.

Hari pertama sih ok ok aja sampe suatu ketika saat badai itu datang dan kami dipisahkan atas nama bintang dan tengkorak. Cermin ku berada di zona bintang dan aku sih di zona medium huft medium lagi medium lagi kaya di Akmil ga jelas ah aku. Temen-temen yang ada di zona tengkorak maupun cermin atau pasangan yang berada di zona tengkorak kagak boleh deketin villa alias kagak boleh tidur di villa atau masuk di Villa. Walhasil kita yang boleh harus bantuin temen-temen buat ngambil barang mereka. Skenario dari pelatih sih biar kita kompak jiwa korsanya dan harapannya mungkin kagak ada yang tidur di Villa. Tapi emang dasar kitanya mungkin kagak peka wkwkwk, ada juga yang nyaman tidur di Villa wkwkwk, aku emang tidur di Villa dan dapet semprot juga hari kedua tapi bukan berarti aku tidur nyenyak. Aku tidur di dalem villa emang karena ngerjain UTS yang belum kelar, siapa bilang aku tidur nyaman orang aku habis ngerjain langsung rebah kagak selimutan dan bangun serasa beku. Pusing dah jatah tidur berkurang.
Hari kedua sih kita yang tidur di Villa dapet semprot dari pelatih wahahahah, ampun pelatih aku salah tapi aku kagak menikmati juga, semua karena UTS hohohoho. Ya dari hari pertama sampe hari ketiga kita dijejali sama materi dunia kerja, Indofood dll. Banyak sih moment berarti bareng temen-temen yang kagak bakal bisa aku lupain. Yang pasti sama mereka aku bisa ketawa ketawa dan hari kelima aku sakitpun bisa sembuh dengan berbaur juga ketawa bareng mereka. Makan dan semua mekanisme disana ya bisa sih dikatakan mirip sama di Akmil dan alhamdulilah emang kita udah jadi kaya biasa gitu hahahah tidur jam 1 malem jam setengah empat pasti dah kebangun dan udah siap-siap. Hari Keempat mungkin adalah hari dimana kita udah ga punya rasa malu lagi wkwkwk, kegiatan yang namanya Positive Fighter emang bikin kita bener-bener berasa jadi Backpaker beneran dan ilmunya sih besok tinggal aplikasiin aja. Jam 07.00 sampai 17.00 kita 79 orang dilepaskan tanpa bekal tanpa gadget tanpa uang sepeserpun bahkan perhiasan pun kagak dibolehin mungkin pelatih takut kita ngejual tu perhiasan wkwkwk. Ya keleus pelatih kalau aku juga kagak bakal jual nih cincin buat positive fighter soalnya emang aku dapetin ni cincin juga dari kerja wkwkwk.
Intinya kegiatan positive fighter kita dilepas buat nyari uang target 18 juta, uang itu bakal kita pake hari berikutnya untuk ngrealisasiin program teknologi yang bakal kita terrapin di Desa Cimacan. Kebayang ga sih dari mulai ngamen, jualan pinjem dagangan, jadi sales, jadi tukang cuci piring, nggeprek jengkol, bersihin bengkoang, numpang orang lewat dan minta sumbangan. Semua kita lakuin demi target 18 juta, udah kagak tau deh dimana tu yang namanya urat malu wkwkwk, jalan sejauh apapun muter-muter berkali-kali demi nawarin dagangan udah kagak kerasa lagi capeknya. Kita semua bener-bener cuma mikir gimana tu dapet uang 18 juta dengan cara halal, bahkan diusir dan dikerjain pun kita udah kagak lagi malu. Perjuangan kita semua sih akhirnya sampe di titik 9 juta 4 ratus ribuan whuaaa tu duit semuanya. Sepanjang jalan sih aku sama temen kelompok kecil kehujanan yang nanti hari kelima bikin aku sakit. Betapa perjuangan seberat apapun kalau hati riang semua kagak kerasa capeknya. Disitu emang kerasa banget manfaatnya, untung aku ikut ni Camp kalau kagak beh nyesel dah aku hahahaha. Pelatihan ini juga manfaat banget, gimana kita mahasiswa biasanya sih cuma pinter ide teori doang dan kagak mumpuni kalau nyari dana, disini kita dituntut punya ide juga kudu ngusahain gimana kita dapat tu dana. Udah kagak kebayang deh kita semua hebat betul nak seharian nyari duit dan dapet angka 9 juta 4 ratus ribuan ngalahin batch sebelumnya.
Hari kelima sih kita realisasiin ide kita, aku sih ikut di tim pengelolaan sampah, emang sih aku ngaku wkwkwk anak politik atau soshum kalau buat teknologi emang kagak dong dan semi semi sampah gitu. Tapi gapapa kan kita saling nglengkapi satu angkatan BISMA, kalaupun aku dari Soshum kagak ngerti aku yakin temen-temenku hebat semua terutama sih anak-anak yang tekhnik hehehehe. Nyangkul di tempat sampah bersihin sampah sampe makan cilok di tempat sampah pun kagak berasa jijiknya kwkwkwkw, padahal di depan mah ada berjuta hal brrr hahahah mulai dari kecoa, belatung, semut, tikus dan sejenisnya. Namanya juga udah kebawa hati senang kagak kerasa deh semuanya. Sampe akhirnya aku juga drop sakit banget kepalaku dari siang sampe malem aku minum obat, dan sehabis mandi behh udah deh badan langsung demam menggigil tapi kepala panas. Udah pake jaket pas materi dan ngantuknya tu kagak nahan abis minum obat dan nahan sakit juga tapi tetap maksa ikut materi dan senengnya tu saat kita berang temen-temen dan ketawa lama-lama tu sakit ilang sendiri, makasih temen-temen hehehehe.

Sampe akhirnya di hari kelima malem menuju enam kita buat api unggun dan disitu banyak banget moment yang ngebuat aku berasa syukur banget sama Tuhan punya keluarga baru yang super kocak. Aku sih ngrasa orangnya alay tapi ternyata behhh yang lebih alaynya bombastis buanyak wkwkkwk, ada Riffal, Ernest, Merlin, Bang Aseng, Bang Jo, Rizky, dan semua anggota Geng Bici-bici. Mereka bener-bener anak hiperaktif yang keren banget dah, iri juga sih aku dari dulu pengen banget jadi anak kaya gitu hahahah yang alay lebay hiperaktif dan pastinya bisa bikin temen-temen yang lain ketawa ngakak. Tapi emang belum bisa sih gapapa yang penting aku udah seneng punya temen-temen alay nan menghibur kaya mereka. Juga ga lupa sih buat pelatih pelatih yang kece hahaha bang Rio 2012 tapi udah kaya dewasa banget gitu, di sana dipanggil pelatih sama anak-anak UNDIP hahaha waktu pulang di bis akhirnya manggilnya Rio Rio wkwkwk. Ada jiga pelatih Haula yang kecil unyu-unyu, pelatih Aini juga lebih pendek dari aku jadi kaya liat mbak mbak kecil unyu gitu. Ada juga pelatih Yassed yang hmmmm kata anak-anak sih sok cool gitu hahahaha tapi emang cool sih, anak kecil liat sekilas juga tahu. Kalau aku sih lebih mandang dia tu punya muka yang tegas khas enak gitu diliatin kalau pas gelap soalnya kan dia putih. Ya kayaknya emang edisi ILC 3 nih pelatihnya kecil-kecil unyu-unyu gitu hahaha.
Pokoknya dari semua moment di ILC 3 yang pasti aku ga  bakal bisa lupain kalian guys yang udah ngisi sebagian dari kebahagian ku ikut Camp 3. Buat Indofood sama KSE aku gatau lagi sih kudu bilang apa sama mereka yang pasti sih aku cuma bisa bales doa biar mereka semakin besar aja deh soalnya emang speechless banget jadi kagak tau kudu ngomong apa. Berarti banget Indofood sama KSE udah ngisi sepenggal cerita di kehidupan aku, semua kebahagiaan dan ilmu yang udah aku dapet di ILC 3 ini karena jasa besar Indofood sama KSE deh tapi tetep karena kebaikan Tuhan yang pastinya. Sampe akhirnya kita sampe ditegur sama orang-orang untuk udahan selfinya bareng temen-temen, pas di Istana Kepresidenan Cipanas juga hahahah. Eh tapi dibalik rasa seneng disana aku selalu mellow mellow gitu inget ortu, inget gimana saat keluarga aku semuanya berjuang dari awal dan bisa sampe ke titik ini rasanya ga tergambarkan dan mungkin hanya Tuhan yang tahu gimana perasaan yang aku rasain *hadoh baper nya kumattt. Tapi bener di ILC 3 ini aku ngrasa bersyukur banget udah dilahirin ke dunia dan ga bakal mau nyianyiain kehidupan berharga yang udah Tuhan kasih ke aku sama keluargaku.


NB: Buat temen-temen KSE BISMA ILC 3 walaupun ga semua dari kalian inget aku tapi aku bakal selalu inget sama kalian bahwa kalian adalah nasib baik indah yang pernah datang ke kehidupan aku. Aku bahagia dan aku bangga sama kalian semua, kita adalah Indonesia dan karena kita Indonesia akan ada untuk selamanya.

Komentar

Postingan Populer