Jeonju
            Hallo andromeders, gimana kabar kalian?semoga sehat sih. Kali ini aku mau nulis setitik kerindukan yang aku rasain buat Jeonju, kota yang udah pernah menemani aku selama setengah tahun di Korea Selatan. Anan susah move on?, bukannya udah tahun 2015 kesana, ngapain masih rindu, ga pengin nyobain sensasi baru ke tempat baru yang belum didatangi?. Mungkin emang bener aku gabisa move-on, dan aku pikir ga akan bisa move on sampai kapanpun. Meskipun nanti akan ada tempat indah lain yang aku kunjungi, aku pasti akan selalu keinget sama Jeonju. Intinya adalah aku seneng banget waktu tinggal di asrama Chonbuk National University. Oh ya aku mau critain kaya apa sih kampus aku dulu, kalau misal gabisa bayangin secara tertulis temen-temen bisa sih searching di google kaya apa penampakan kampus Chonbuk National University. Ada banyak hal yang ngebuat aku bener-bener ga akan bisa move on secara itu hampir semuanya jadi pengalaman pertama aku.
            Pertama kita mulai dari asramanya, sayang banget computer di rumah aku rusak dan datanya tidak terselamatkan jadinya semua foto-foto yang aku simpan hilang musnah. Tersisa beberapa foto hanya yang memang aku upload di media social seperti instagram atau facebook. Jadi aku gabisa kasih foto-foto selain yang tersisa di akun ig ku. Tapi penampakan luar asrama bisa dicari sih di google banyak. Untuk dalem kamarnya sendiri aku dapet shareroom sama temenku yang dari bahasa Korea UGM namanya Badiyah Nur Najmi Aziz. Ada dua bed, dua meja belajar, dua lemari, kemudian di kamar mandi cukup bagus standar. Ada lampu sensor di depan kamar mandi yang mengarah langsung ke pintu keluar. Jadi lampu itu cuma bakal nyala kalau ada aktivitas dibawahnya. Pintu udah pake password/kunci berbentuk card, namun kami tidak diberi kunci dan hanya pake password di pintu masuk. Pintu bisa dibuka dari luar dengan password namun apabila kita dari dalam keluar tidak butuh password cukup pegang gagang pintu seperti biasa dan terbukalah.
Source Picture 
= Website http://www.cbnu.edu/eng/?menuID=267 
            Kedua adalah penampakan di depan dorm ada air dingin dan air panas. Ya lumayan banget sih nyelametin aku waktu hari libur ga dapat makan, trus kalau pas salju turun males keluar atau hujan aku bisa bikin ramyeon. Untuk naik keatas sama ke bawah kita pake lift. Di samping pintu keluar sisi kanan ada ruangan khusus buat nyuci baju yang disitu ada setrika, mesin cuci. Jadi mesin cuci disitu ama setrika udah kehubung ama mesin uang, dia bakalan nyala kalau kita udah masukin sejumlah uang untuk nyuci atau nyetrika. Mesin cuci bakalan nyuci selama 46 menit udah termasuk kering sendiri. Nanti belok kiri udah nemu ruangan bapak penjaga yang suka chek sidak mendadak ke kamar-kamar, kalau sampai kamar ga bersih pasti kena omel kaya kamar sebelah temenku yang dari Vietnam pernah kena omelan gara-gara kamar mandi kotor dan kamar enggak rapih. Disitu kita bisa minjem sampai vacuum buat bersih-bersih kamar dan dibalikin lagi kalau udah selesai.
            Ketiga sisi depan samping kanan asramaku adalah asrama buat cowok. Jadi ya gitu kadang kalau yang pacaran ketemunya di depan asrama gampang. Nah disisi kiri itulah gedung yang jadi officenya pas pertama kali aku dateng, ada semacam kek indomaret di bawah yang jualan kebutuhan sehari-hari macam ATK dan makanan buat mahasiswa di dorm. Aku suka beli kesini karena pas awal-awal suka ketemu sama oppa yang jaga ganteng wkwkwkw. Nanti di depan semua gedung asrama ada air mancur kecil sama parkiran sepeda. Oh ya dapur asrama ada di basement dari asrama cowok, tapi beda jalur masuk kok.
            Keempat itu dapur asrama, yaitu tempat kita bisa makan. Di korea kampus Chonbuk termasuk salah satu dari kampus langka yang udah ngasih makan sama asrama. Jadi aku dapat makan dari sini selama tinggal di asrama. Jam makan udah ditentuin pagi siang dan malam, jadinya kalau udah lewat gabakal bisa makan karena udah tutup eonni-eonni sama ahjuma yang suka layanin kita di dapur. Jadi kita antri dulu dan finger print di rekam kalau kita udah ambil makan, gabakal bisa dobel ambil makan lagi. Tertib sih antrian disini karena emang notabene negara maju lebih bisa tertib walaupun mungkin ga 100 persen juga. Setelah dapat makan, kita bisa duduk kaya di kantin-kantin sekolah drama Korea yang makan siang gitu. Selesai makan kita bakal bawa alat-alat makan kita ke tempat yang udah stand by untuk nyuci jadinya ga kebiasaan manja ditinggal gitu aja. Kursi juga dirapihin gitu digeser masuk meja lagi, pokoknya ya tertib dan aku seneng banget kaya nemuin diriku berekspresi kaya yang aku mau.
            Kelima. Hal yang ngebuat aku seneng banget adalah budaya jalan kaki disini. Jarak antara dorm asrama sama gedung kuliah lumayan, jadi bisa jalan sambil nikmati pemandangan apalagi pas salju turun. Ada dua jalur yang biasa aku lewatin buat berangkat ke gedung kuliah, pertama jalur memotong lewat lapangan dan kedua jalur lewat jalan biasa. Dua-duanya aku suka, cuma kurang suka lewat lapangan pas musim hujan ama salju turun karena ada bagian lapangan yang becek tanah terbuka. Gedung kuliah yang terjauh itu yang paling aku seneng, sayang banget aku mulai lupa detil-detil arah sama nama gedung. Tapi gapapa sih ntar liat lagi di google, hehehe untuk aku lahir dan besar di jaman internet. Trus di tiap lantai kampus yang bikin aku seneng ada air panas dan dingin, trus yang bikin susah move on pas inget musim dingin si dosen bawain satu plastic kopi maxim buat mahasiswanya hihihi. Ada juga vending machine isinya minuman hangat dan dingin, suka banget mana cuma 500 won alias 6rb rupiahan. Waktu itu juga di dekat lapangan ada vending machine juga, pas banget aku balik indo ternyata ugm juga mulai ada hihihi. Waktu itu disana udah bayangin andai kampus UGM kek gini, eh ternyata pas mulai 2016 UGM juga udah banyak inovasi kek adanya air minum di beberapa lokasi.
            Lanjut adalah ruang kelas yang yah bagus sih, wehehehe mungkin kalau aku samain kek ruang kelas HI IUP Fisipol yah. Btw anak IUP HI ruang kelasnya beda ama Fisipol yang laen, secara bayanya aja udah beda wkwkwk. Tapi disini kek itu jadi ruang kelas biasa sih ga istimewa gitu. Suka lagi dosen disini juga ya mungkin karena culture fashion banget kadang suka wow gitu sih. Dosen masuk kelas pake boots, rok sedengkul trus daleman stoking, mantel bulu2 pas musim dingin, pokoknya stylish bangetlah dosen gaul. Mungkin kalau di Indo udah di ghibah kali ya wkwkwkw oleh sesame asosiasi dosen, tapi karena disana emang culture kek gitu yaudah aku sih liatnya seneng-seneng aja. Pokoknya suka sih, selain karena suasananya syahdu pas gugur ampe salju turun, mungkin lebih kepada tertibnya orang-orang disana yang bikin aku nyaman sih. Kaya aku pribadi yang emang benci banget sama orang yang nyrobot antrian tanpa permisi alasan yang jelas sama buang sampah sembarangan. Aku disana bener-bener kek nemuin lingkungan yang mendukung aku banget. Walaupun aku ngaku juga kalau jiwa belajar mati-matian mereka belum terjadi padaku sepenuhnya wkwkwk, mungkin cuma beberapa kasus ama tujuan tertentu ajasih aku mati-matian belajar.
            Jalan di depan gerbang kampus adalah salah satu favorit banget buat aku. Selain karena bener-bener ga ada motor, mobil pun tertib ketika harus berhenti ada jarak sekitar 2-3 meter antar satu mobil dengan mobil lain. Jadi semacam teratur gitu liatnya. Pejalan kaki sangat jadi dewa sih yang bikin aku seneng. Apalagi depan gerbang kampus itu adalah deretan pertokoan plus resto makanan, coffe shop yang juga kalau malam street foodnya lengkap. Jalan dengan rasa aman, plus banyak makanan, toko-toko, coffe shop tersebar, alat rumah tangga kebutuhan sehari-hari tinggal ke Daiso yang murah-murah. Ada juga toko favorit yang disitu ngejual kaya jajanan murah-murah buah juga murah-murah kek harga satu lirang pisang gitu 1500 won=19.500 rupiah di indo malah kadang 20.000 rupiah. Ya hidup di Korea beberapa kebutuhan termasuk lebih murah tetapi beberapa juga lebih mahal. Tapi secara umum lebih mahal karena uang rupiah lebih kecil dari won, coba kalau aku dari dollar trus hidup di Korea pake won pasti amat sangat hedon sih. Banana susu favorit sih yang sering aku beli disini, sama stok ramen seafood buat hari libur karena ga ada makan dari kantin asrama wkwkwk.
            Next sih aku bakal cerita gimana makan makanan disini yang notabene pasti semua penasaran gimana aku yang muslim harus tinggal disini yang notabene aku susah nyari makanan halal. see you next cerita yaw.

Komentar

Postingan Populer