Hal Paling Kampret dalam Hidup




            Hari ini aku pengen cerita ke kamu andromenders semua tentang apa itu hal paling kampret se kampret kampretnya binti kampret tujuh turunan ga habis habis dalam hidup aku. Eh tapi aku nulis ini bukan karena ga percaya lo sama Allah, aku percaya banget ga kalah sama ahli sufi ahli alim ulama apapun itu kalau Allah itu maha Kaya. Iya aku selalu percaya kok kalau Allah pasti akan ngejaga dan ngasih aku rejeki selama aku mau berusaha keras. Jika kita kesulitan maka Allah lah tempat kita meminta pertolongan dan kecukupan rezeki. Tapi tetep aja sebagai manusia biasa yang bukan dewa, hanyalah manusia dengan hati yang lemah dan gampang galau tujuh purnama. Duit Buddy dari Univ belum turun boys dan semalam aku harus urunan dulu 20.000 won kalau dirupiahin sekitar 260.000 ribu rupiah, gilakkkkkk bro segitu gedhe banget buat jatah hidup dua mingguan. Iya sih buddynya ngejanjiin kalau duit univ udah turun pasti diganti, tapi tahu ga sih loe perasaan aku lebih galau dibanding nunggu jodoh yang belum dikasih sama Allah. Soalnya duit aku 50 ribu won yang sama kampus buat asuransi aja belum diganti ladalah sekarang kudu nombok dulu buat buddy, emang bisa aku hidup disini cuma makan batu?. Gatau aku mau ngomong apa, mana sekarang belum dapat alba yaiyalah kan belum nyari lagi mana datang alba tiba-tiba kalau ga usaha. Duh Allah semoga aja aku ga di php sama ni kampus soalnya aku aja cuma satu semester disini. Alien, KTM, Pasport belum ada di tangan, ladalah masak iya disini pelayanan kaya di Indo sih trus apa bedanya coba bikin-bikin kaya gitu sampe sebulan coy.  

            Iya tapi aku juga nyadar sih kalau aku kudu ngilangin kebiasaan orang Indonesia yang maunya serba gratisan wahahahaha kutur mendarah daging tulang menulang. Emang pengalaman tu harganya mahal bahkan dengan duit berapapun ga akan bisa kebeli, laiyah emang temen buddyku semuanya asoy geboy suka makan di resto unik bin mahal bin kece badai jelaslah aku kena imbasnya. Tapi emang aku ngaku kalau pengalaman semalam itu wuah syahrini abis kece badai salju yang konon Badai Katrina aja kalah hahaha. Aku jalan-jalan sama temen buddy ke pasar malam yang aku lupa nama Koreanya pokoknya kalau ditranslate ke Inggris ke Indo intinya pasar malam anak muda wuah asoy kan?. Ada bangunan mirip rumah tradisional cuma emang malem ga sempet foto-foto, trus kita jalan dan akhirnya masuk ke café makanan Meksiko brohhhh udahlah skip trus kita masuk ke café kopi yang unik bin lucu bangets. Iya mayoritas café dan warung makan di pasar malam ini emang unik kece abis, pokoknya besok aku kalau balik indo mau bikin café bisa tu dijadiiin referensi. Kalau aku nyebutnya sih gaya amerikaan gitulah, banyak aksesoris unik lucu bisa jadi tu bukan kaya café tapi malah kaya toko souvenir hahahahaha. Dan satu lagi rahasia yang bakal aku bocorin ke kamu adalah tu aksesoris lucu ternyata ditempel harga juga alias boleh dibeli. Sayang aja aku datang sebelum jadi ibu pejabat, jadinya kagak beli banyak dompet tipis coy. Ya tapi tetep aja besok datang kesini sebagai ibu pejabatpun ga boleh asal-asalan belanja soanya nyangkut ntar gimana hubungan cintaku sama KPK wkwkwk. 




            Di jalan kita jajan itu bola-bola babi yang sederet isinya lima, eits buang tu pikiran suudzon hahahaha. Aku ga makanlah, temenku yang lain makan semua kecuali aku. Tapi habis itu kita beli sate Ojingo alias Octopus, wuah emang ni daging paling enak dah dari yang lain. Kagak tahu gimana ngegambarin rasanya yang aduhai seksinya, besok kalau aku udah punya anak kesini mau tak ajak beli Ojingo deh. Abis itu kita jalan dan beli cincin kembaran berlima, dan karena aku mengingat adikku saat di toko souvenir mau gamau aku beli gantungan Naruto. Gapapalah ya rejeki kan sudah ada yang atur masak iya aku seneng sendiri kagak inget sama adek, biarlah nanti dia juga seneng. Rejeki mah bisa dicari kalau bahagia ya kita sendiri yang nyiptain. Terlepas karena aku belum bisa move on sepenuhnya dari menjadi orang miskin yang gila, aku gatau lagi harus bersyukur gimana sama Allah buat malam ini. Aku sendiri yang suka cerita bahwa diri kita adalah apa yang kita pikrikan, kalau kita berfikir kita mampu ya mampu tapi kalau kita selalu mikir kita miskin ya sekaya apapun kita pasti merasa miskin. Aku sadar kok dari dulu kalau apapun hal besar yang didapat pasti butuh pengorbanan besar juga. bayangkan aku sampe gabisa ngegambarin betapa Allah sangat menyayangiku. Semua hal yang dari SMP dulu cuma aku bisa lihat di drama Korea sekarang aku datang dan ngerasain suasananya dengan kaki dan mataku sendiri. Pernah ga sih kamu bayangin seorang Ananti Primadi anak dari pedesaan miskin dan dari keluarga sangat sangat sederhana bisa ngrasain ini?. Ga pernah ada satu orangpun yang yang tahu tentang takdir dan masa depan seseorang kecuali diri kita dan Tuhan. Iyalah Tuhan kan tinggal memberi keputusan, tapi tetep kita yang diberi kesempatan untuk merajut takdir dari awal. Dulu waktu aku emang sumpah-sumpah mau ke Korea pengen jadi penyanyi, Cuma akhirnya rada beda tempat aja sama sama ke Korea tapi sekarang bukan buat nyanyi tapi buat jadi calon birokrat handal dimasa depan. Pokoknya aku gamau tahu nanti aku bakal kesini lagi ngajak seluruh keluarga besarku titik. Duit mah bisa dicari tapi kebahagiaan adalah hal utama yang diperjuangkan dalam hidup.

            Aku ketemu sama Ibu-ibu yang kedua kalinya nanyain apakah aku dari Saudi Arabia, soalnya emang cuma aku doang disini yang pake kedurung. Rasanya tu seperti gabisa dilukiskan dengan kata-kata pasti, aku cuma bisa bersyukur Tuhan mau menerima perjuangan yang aku lakukan dan memberi balasan sejauh ini tak bisa kuprediksi. Allah itu maha penolong dan sutradara terbaik dalam hidup, wuihh kalau kamu percaya sama Dia jangan pernah setengah-setengah rugi men. Aku aja manusia bukan paling alim, bukan paling pinter, bukan paling taat, tapi Dia mau lihat aku berjuang dan dikasih semua anugrah mahal yang ga akan bisa kebeli dengan uang. Ini belum seberapa, dimasa depan bakal banyak perjuangan yang lebih mematikan dibanding ini. Aku tahu takdirku menjadi seorang birokrat handal dimasa depan, politisi yang akan banyak mempertaruhkan hidup untuk bekerja melayani masyarakat. Ini baru permulaan, bahwa jalan panjang masih belum tertempuh. Meskipun untuk itu semua aku juga ikut ngorbanin keluarga buat ngedukung impian kita bersama sih. Jujur aku sih kalau S2 nanti ada jodoh pengen beasiswa ke English Speaking Country biar anaknya pinter bahasa Inggris, cuma aku inget kalau aku punya impian juga berangkatin ortuku haji lewat Asia Timur kalau ga Korea ya Jepang. Disini kuota naik haji ga pernah terpenuhi karena emang muslimnya dikit, beda sama Indo yang luber sampe kudu antri kuota. Aku kayaknya lebih milih disini aja mungkin besok, biar ada koneksi sama negara ini dan bisa berangkatin ortu naik haji lewat sini, Aamiin. 

            Balik ke jalan-jalan malam, bagus banget tempatnya ada kios-kios berjajar rapi dan di sampingnya ada aliran air yang bening lucu. Aku ga sempat foto karena malam, maklum kamera HP ku resolusi kecil. Tapi tetep memori di Otak insha Allah ga akan hangus sampe kapanpun. Kita masuk satu persatu toko souvenir dan daebak nemu toko aksesoris yang di dalamnya ada gantungan kunci yang tulisannya made in Indonesia. Aku ngakak gabisa ngomong lagi dah, yang pasti ada sedikit harapan dan rasa bangga muncul di dadaku *kaya film aja. Iya beneran itu made in Indonesia, aku pastiin ya Korea besok kalau aku udah jadi ibu pejabat bakalan aku ngekspor semuanya ke kalian hahahaha. Semuanya lucu dan bagus, tapi rasa yang bakal ga kelupaan adalah rasa Ojingo yang enak banget walaupun cuma dua gigitan karena buat barengan. Seneng sih di Korea bisa belajar banyak hal, tapi tetep nanti tanah suci menjadi agenda selanjutnya buat dijelajahi bersama keluarga. Aku sudah mengorbankan banyak hal sampai sejauh ini, aku akan ambil semua pelajaran sebaik-baiknya disini meskipun untuk formalnya aku belajar bahasa Korea masih kalah effort sama anak-anak China yang waw. Satu hal penyesalan yang tak kunjung berhenti, aku mau nabung besok kalau pulang buat beli DLSR dan kalau keluar negeri kaya gini bakal aku penuhi sama foto-foto titik ga pake koma. Sayang banget aku ga ada DLSR, tapi gapapa na masih banyak negara yang belum aku jelajahi dimasa depan yang bisa aku foto, juga masih banyak waktu buat nanti share foto diluar negeri bersama keluarga. Iya aku janji sekaya apapun nanti aku dimasa depan, tetap keluarga adalah kekayaan yang tidak tergantikan dan tidak ternilai dengan apapun. Love you my family till the end of time. 


             
          Waktu kita minum di cafe nabi, aku mesen kopi. Disini emang café tu bener-bener menyajikan kopi dari biji dan digiling gitu bukan instan, ya mungkin di Jogja juga cuma kan aku emang ga pernah ke café kopi taunya baru kali ini doang di Korea. Aku mesen kopi apalah itu lupa namanya pake hangul semua, trus pake gula juga. Disini kita cerita-cerita banyak, awalnya sih aku mikir bakal mampus karena anak Korea yang biasanya jadi translator Korea ke Inggris ga ikut karena masih kerja, tapi ternyata ga mampus-mampus amat sih soalnya kan ada Kamus wkwkwkkw. Iya, temenku Korea yang ini sepanjang jalan ngomongnya sama aku pake kamus. Lucu sih cuma mau gimana lagi, tapi emang ngakaknya itu lo kagak ketulungan. Trus habis kita makan sama minum naik ke bukit yang dibawahnya ada rumah-rumah tradisional Korea, capek lumayan naik ke atas namun sampe diatas ada pemandangan keren yang ala bukit bintang tapi syuper dupyer kyeren. Sampe di atas ada peristirahatan yang mirip dengan persitirahatan raja di drama ketika nonton para gisaeng menari. Bintang juga lumayan mau bersinar malam ini di langit Korea. Aku akan pastikan nanti aku akan kesini lagi dengan mengajak keluargaku. Setelah itu kita turun dan mencari pemberhentian bus, sayang kita salah naik bus sehingga agak membutuhkan waktu untuk pulang ke dorm kampus. Setelah itu kita sampe di pemberhentian bus dekat kampus pukul 22.20 lebih, temenku nitip makan tapi sayang sudah pada tutup akhirnya dia cuma nitip takoci. 

            Jujur aku gabisa gambarin dalam situasi ini apa yang sebenere aku anggap paling kampret. Jujur aku pengen banget ngerasain salju sebelum aku balik ke Indonesia, tapi kalau sampai aku balik Indo salju belum turun ya aku gabisa apa-apa. Dapat salju syukur enggak juga mungkin belum rejekinya, tinggal besok balik lagi kesini sama keluarga. Aku mah apa atuh manusia yang hanya bisa berdoa aja, hahahaha gatau kenapa tapi aku yakin salju bakal turun sebelum aku balik. Semoga saja aku selalu berharap banget sama Allah aku bisa lihat salju kali ini. Adek-adek dan tetanggaku semua nanya kapan turun salju, aku juga ngebet banget tapi semua balik lagi ke Allah dia mau nurunin salju kapan. Ya kali ini kan bukan cuma nyangkut aku doing, masak iya Allah mau nurunin salju buat aku doang kan enggak juga. Allah juga pasti mempertimbangkan doa dari orang lain juga kali aja ada yang doa minta salju turun ditunda hahahaha. Tapi pelajaran semalem kudu buat aku cepet belajar bahasa Korea dan dapet Alba soalnya mempertimbangkan masa krisis besok gara-gara semalam udah habis 200 ribu. Pokoknya emang kalau ga gila ga kampret tu bukan Ananti Primadi, jadi ngerasa bersalah sama orangtua udah dititipi anak kampret kaya aku di dunia ini.

Jeollabuk-Do

Komentar

Postingan Populer