Masih Kisah soal Masa SMA

(Part 3)
Lari dari Kejaran Polisi untuk Pertama Kali (2010)

Sebenarnya dari judulnya aja udah keren, lari dari kejaran polisi. Tapi kalau kamu baca lebih lanjut kamu bakal tahu gimana endingnya anak SMA dari kampung yang ndeso bikin suatu hal konyol yang enggak bakal bisa dilupain lupain seumur hidup. Jadi ceritanya gini, waktu itu  awal kelas XI sekitar tahun 2010 akhir, motorku baru, trus ya gaya-gayaan pengin naik motor ke sekolah. Finally aku nemu hari dimana tabunganku kekumpul 200.000 lebih dan aku niatin buat beli tas exsp*ort yang tokonya di deket Mirota kampus. Okelah aku belum pernah kesana seumur-umur dan waktu itu aku ngajak temen cewek satu bangku waktu kelas sepuluh satu namanya Ardhina buat nemenin karena dia bilang dia tahu tokonya. Waktu itu aku masih kemana-mana sama Ardhina soalnya kita ada project ngisi stand Yam*ha wakil SMA 7 di Stadion Kr*dosono. Nekat sih kagak, begonya iya. Aku belum punya SIM waktu itu karena umurku belum genap 17 tahun. Bisa kan bayangin gimana akhirnya seorang Cinta, siswa SMA katrok binti ndeso akhirnya tanpa sadar udah ngelanggar rambu lalu lintas. Kita berdua tetep aja naik motor dari perempatan gondomanan ke utara dengan santainya, pasti udah ketebak kalau kita dikuntit ama polisi. Sampai di deket Hotel Mel*a Purosari kita diberhentiin sama polisi, dan itu adalah pertama kalinya aku ketangkep sama polisi gegara ngelanggar lalu lintas.
“Selamat siang mbak, bisa minggirin motornya mbak”
“Lah Lah Lah, kenapa pak?”. Pikiran udah kemana-mana udah takur campur aduk jadi satu sama bertanya-tanya sambil inget-inget dimana aku lakuin salah.
“Mbaknya tadi menerobos lampu merah di perempatan Gond*man*an, bisa pinjam STNK nya mbak?”.
“Masa sih pak kok kita gak ngrasa ya”. Bisik-bisik sama Ardhina “emang tadi kita nglanggar ya?”. “Kayaknya emang iya deh”. Dan dengan pedenya sambil bisik-bisik aku ngasihin STNK ke bapaknya tanpa SIM tentunya soalnya aku enggak punya.
“Kalau begitu mari ikut ke pos Gond*ma*nan, nanti kami proses disana”.
Dasar emang akunya yang bego plus campur lupa plus takut karena baru pertama kali ketangkep polisi. Kita malah kabur ke arah utara dan belok ke kanan di daerah toko-toko yang bikin duplikat piala. Kita berdua sama-sama takut, dan ngebut sambil ngawasin belakang kali-kali aja polisinya ngejar kita. Akhirnya kita belok dan tanpa mikir kita masuk ke gerbang rumah orang *om telolet om.
“Gimana, enggak ngejar kan polisinya?”.
“Enggak kok aman cuy”.
“Bentar-bentar, kita ngapain kabur?”. Kemudia mendadak kita berdua ngakak se ngakak-ngakaknya hidup. Kita udah sadar bahwa kita nglakuin hal konyol binti bego yang bikin kita ngakak ngetawain diri kita enggak habis-habis.
“Cuy, bukannya kamu udah kasih STNK ke bapaknya?”. Ardhina sambil ngakak megang perut yang masih sakit gegara ketawa.
“Makanya kita dari tadi ngakak karena itu”.
“Ya udah ayo balik ntar kita bayar aja ke polisinya yang penting STNK balik”.
“Duh tapi kan aku belum pernah ketilang, takutlah gimana ntar ngadepin pak Polisinya”.
Akhirnya kita liatin sana-sini di rumah orang, kali-kali aja ada yang bisa dimintai tolong buat nganter ke Pos Polisi Gond*man*an. Akhirnya kita liat ada mas-mas lagi tidur, dan dengan debat kecil kita akhirnya bangunin mas nya dan minta tolong buat anterin ke pos polisi. Demi apa kalau aja aku bisa nemuin ni masnya lagi sekarang pasti aku mau bilang, mas makasih ya semoga hidupnya mas penuh barokah. Setelah kita ngobrol bentar ternyata masnya lulusan pendidikan Dokter UeM*Y dan lagi residen di PK*U Bantul katanya. Untung udah bukan mahasiswa lagi, soalnya kan enggak enak *lanjutttt. Namanya aku udah lupa antara Adhi atau Ardhi entahlah, yang pasti dia baik banget mau bantuin dan crita kalau dia juga sering ngadepin situasi kaya gitu karena punya adek seumuran kita juga di Riau. Akhirnya mas nya mau nganter kita, sampailah kita di pos polisi dan masnya pura-pura jadi kakak kita. Kena 50 buat pelanggaran lampu merah dan 50 buat ketiadaan SIM. Aku bilang sama polisinya nawar 50 ribu aja, dan ya gitu deh polisinya bilang ngotot tetep kudu 100 atau sidang. Akhirnya masnya bayarin 50 ribu dan aku bayar 50 waktu itu, hiks jadi langsung ngrasa bersalah dan enggak jadi ngakak-ngakak karena udah repotin ms nya.
Akhirnya kita pamit pulang sambil ngucapin banyak terimakasih sama masnya. Tadi aku boncengan dari kosan mas nya dan Ardhina kutinggalin disana. Aku enggak bisa balas apapun dan cuma ya doa aja semoga masnya jadi dokter sukses. Walaupun enggak tahu dan enggak kenal semoga aja doanya sampe ke masnya. Kita akhirnya pulang dengan tangan kosong enggak jadi beli tas karena pasti udah enggak cukup soalnya waktu itu harga tas exsport 200 an lebih, dan uangku udah kepotong bayar polisi 50ribu hiks. Akhirnya kita ngadem-ngademin hati kita dari rasa bersalah sama masnya dan bilang;
“Untung masnya udah lulus kuliah, kalau enggak kan kasihan kalau masih mahasiswa”.
“Iya mana UeM*Y kan swasta pasti mehong dong”.
“Tapi tetap ya kalau sama kamu tu ada-ada aja hal konyol binti bego”

“Yaelah, kalau enggak ada aku dijamin hidupmu standar enggak asyik, pasti deh kita bakal ingat kejadian ini sampe nanti-nanti dan pasti ketawa kalau inget”.

to be continue.....

Komentar

Postingan Populer